gragepolitan
No Result
View All Result
Sabtu, Desember 6, 2025
  • Gapura
  • Nasional Kita
  • Jabar Kita
  • Cirebon Kita
    • Kota Cirebon
    • Kabupaten Cirebon
  • Indramayu Kita
  • Majalengka Kita
  • Kuningan Kita
  • lainnya
    • Ekonomi Kita
    • Lifestyle Kita
    • Parlemen Kita
    • Pendidikan Kita
    • Politik Kita
    • Ragam Kita
    • Sport Kita
  • Gapura
  • Nasional Kita
  • Jabar Kita
  • Cirebon Kita
    • Kota Cirebon
    • Kabupaten Cirebon
  • Indramayu Kita
  • Majalengka Kita
  • Kuningan Kita
  • lainnya
    • Ekonomi Kita
    • Lifestyle Kita
    • Parlemen Kita
    • Pendidikan Kita
    • Politik Kita
    • Ragam Kita
    • Sport Kita
No Result
View All Result
gragepolitan
No Result
View All Result

KAI Daop 3 Cirebon: Operasional KA Berangsur Normal, Layanan Refund Diperluas

gragepolitan by gragepolitan
5 Agustus 2025
in Cirebon Kita
0
0
SHARES
106
VIEWS
Share on FacebookShare on Whatsapp

GRAGEPOLITAN – KAI Daop 3 Cirebon menyampaikan bahwa operasional perjalanan kereta api telah berangsur normal pasca gangguan perjalanan akibat insiden rintang jalan yang dialami KA Argo Bromo Anggrek pada 1 Agustus 2025 lalu.

Pada Selasa, 5 Agustus 2025, jam 00.15 tercatat sebanyak 153 kereta api berangkat dan datang di stasiun di wilayah Daop 3 Cirebon, dengan ketepatan waktu 85% atau sebanyak 131 KA. Sementara untuk KA-KA yang mengalami keterlambatan sebanyak 22 KA, dengan rata-rata kelambatan 30 menit.

Manager Humas Daop 3 Cirebon Muhibbuddin mengungkapkan keterlambatan masih memungkinkan terjadi karena pasca kejadian sampai dengan saat ini kondisi jalur rel baru bisa dilalui dengan kecepatan 60 km/jam. Secara berangsur-angsur ketepatan waktu akan kembali normal seiring dengan semakin meningkatnya kondisi jalur rel.

“Sebagai bentuk tanggung jawab atas ketidaknyamanan pelanggan, KAI memberikan kebijakan dapat melakukan pembatalan tiket yang telah dipesan dengan pengembalian bea tiket atau refund 100 persen. Untuk memudahkan para pelanggan, KAI juga memperluas akses layanan pengembalian bea tiket yang berlaku bagi pelanggan yang terdampak dan memiliki tiket keberangkatan pada tanggal 1, 2, dan 3 Agustus 2025,” ungkap Muhib.

RelatedPosts

Kolaborasi Pemerintah dan Swasta dalam Menurunkan Stunting di Cirebon

Gerai Koperasi Merah Putih Kebonbaru: Langkah Nyata Kemandirian Ekonomi Cirebon

KAI Daop 3 Cirebon Siap Layani Penumpang Nataru 2025 dengan Ribuan Kursi

Mulai Senin, 4 Agustus 2025 pukul 14.00 WIB pelanggan dapat melakukan pembatalan dan pengajuan refund secara mandiri melalui Contact Center 121 via telepon di 021-121, atau melalui fitur VoIP di aplikasi Access by KAI yang terhubung ke layanan Call Center 021-121, tanpa harus datang ke loket stasiun.

Ketentuan layanan refund 100 persen ini diberikan kepada pelanggan yang mengalami keterlambatan keberangkatan lebih dari 1 jam, menolak perubahan rute (rerouting), tidak dapat melanjutkan perjalanan ke stasiun tujuan, dan menolak moda pengganti yang ditawarkan.

Adapun skema pengembalian bea:

  • Refund 100% dari nilai tiket, tidak termasuk bea pemesanan.
  • Berlaku untuk pelanggan dengan tiket keberangkatan tanggal 1–3 Agustus 2025.
  • Berlaku bagi pelanggan yang tidak jadi berangkat akibat gangguan operasional.
  • Refund dilakukan tunai (loket stasiun online) atau transfer (melalui Call Center 121).
  • Pembatalan dapat dilakukan dalam jangka waktu maksimal 7×24 jam dari tanggal keberangkatan.

Sedangkan dokumen yang perluk dipersiapkan saat mengajukan refund melalui Call Center 121:

  • Kode booking.
  • Nama penumpang.
  • NIK (Nomor Induk Kependudukan).
  • Nomor rekening.
  • Nomor telepon aktif.
  • Alamat email.

“Kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang dialami para pelanggan. Kami akan terus melakukan evaluasi untuk meningkatkan keandalan operasional. Kami juga mengapresiasi pengertian dan dukungan dari seluruh pelanggan. Terima kasih atas kepercayaan yang terus diberikan kepada kami,” tutup Muhib.

Bagikan ini:

  • Klik untuk berbagi di WhatsApp(Membuka di jendela yang baru) WhatsApp
  • Klik untuk berbagi di Telegram(Membuka di jendela yang baru) Telegram
  • Klik untuk membagikan di Facebook(Membuka di jendela yang baru) Facebook
  • Klik untuk berbagi di X(Membuka di jendela yang baru) X

Terkait

Tags: daop 3 cirebonkaiLayanan Refund Diperluas
Previous Post

Komisi III DPRD Dorong Pemda Cari Solusi atas Penonaktifan Belasan Ribu PBI JKN

Next Post

Sektor Jasa Keuangan yang Resilient untuk Mendukung Percepatan Pertumbuhan Ekonomi Nasional

Related Posts

Kolaborasi Pemerintah dan Swasta dalam Menurunkan Stunting di Cirebon
Kota Cirebon

Kolaborasi Pemerintah dan Swasta dalam Menurunkan Stunting di Cirebon

5 Desember 2025
780
Gerai Koperasi Merah Putih Kebonbaru: Langkah Nyata Kemandirian Ekonomi Cirebon
Kota Cirebon

Gerai Koperasi Merah Putih Kebonbaru: Langkah Nyata Kemandirian Ekonomi Cirebon

5 Desember 2025
781
KAI Daop 3 Cirebon Siap Layani Penumpang Nataru 2025 dengan Ribuan Kursi
Cirebon Kita

KAI Daop 3 Cirebon Siap Layani Penumpang Nataru 2025 dengan Ribuan Kursi

5 Desember 2025
779
Next Post
Sektor Jasa Keuangan yang Resilient untuk Mendukung Percepatan Pertumbuhan Ekonomi Nasional

Sektor Jasa Keuangan yang Resilient untuk Mendukung Percepatan Pertumbuhan Ekonomi Nasional

Discussion about this post

hut RI
gragepolitan

© 2025 GRAGEPOLITAN

  • Redaksi
  • Sitemap
  • Kontak
  • Cookies Policy
  • Privacy Policy
  • Terms and Conditions
  • Pedoman Media Siber

No Result
View All Result
  • Jabar Kita
  • Cirebon Kita
    • Kota Cirebon
    • Kabupaten Cirebon
  • Indramayu Kita
  • Kuningan Kita
  • Majalengka Kita
  • Lifestyle Kita
  • Parlemen Kita
  • Pendidikan Kita
  • Politik Kita
  • Ragam Kita
  • Sport Kita
  • Ekonomi Kita
  • Nasional Kita

© 2025 GRAGEPOLITAN